5 Ayat Al-Qur’an tentang Pernikahan, Ikatan Cinta yang Suci

Pernikahan adalah peristiwa perlu di mana ke-2 insan menyatukan komitmen diberkati mereka semua. Ikatan lengkap gairah ini sama diatur dengan pandangan Islam. Sebab, menikah dengan adalah suatu sunah yang dianjurkan melalui Rasulullah SAW.

Agar pengetahuan kita tentang hubungan secara bertahap bertambah, kamu bisa dengan mudah simak ikut yang membahas tentang 5 ayat Al-Qur’an tentang hubungan ini. Apa saja?

1. Al-Baqarah ayat 223

5 Ayat Al-Qur'an tentang Pernikahan, Ikatan Cinta yang SuciHelmi Nursifah (@longlivepict via instagram.com/helminursifah)

Ayat yang memulai dengan berasal berasal dari surah Al-Baqarah ayat 223. Ayat ini menceritakan tentang kehidupan hubungan, koneksi percintaan, serta bagaimana? memperoleh pemohon keturunan yang beramal saleh. Ayat tersebut berbunyi sebagai berikut:

نِسَآؤُكُمْ حَرْثٌ لَّكُمْ فَأْتُوا۟ حَرْثَكُمْ أَنَّىٰ شِئْتُمْ ۖ وَقَدِّمُوا۟ لِأَنفُسِكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّكُم مُّلَٰقُوهُ ۗ وَبَشِّرِ ٱلْمُؤْمِنِينَ

Nisā`ukum ḥarṡul lakum fa`tụ ḥarṡakum annā syi`tum wa qaddimụ li`anfusikum, wattaqullāha wa’lamū annakum mulāqụh, wa basysyiril-mu`minīn

Artinya:

“Istri-istrimu adalah (seperti) kotoran daerah kamu bercocok tanam, akibatnya datangilah kotoran daerah bercocok-tanammu miliknya sendiri bagaimana? saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (organisasi amal yang Bagus) untuk dirimu, juga bertakwalah kepada Allah juga ketahuilah bahwa kamu kelak pasti akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman”.

2. An-Nisa ayat 1

5 Ayat Al-Qur'an tentang Pernikahan, Ikatan Cinta yang SuciMega Iskanti (instagram.com/megaiskanti)

Pernikahan adalah suatu mencoba untuk meningkatkan gelar ketakwaan kita kepada Allah SWT, sekaligus jadilah jalinan silaturahmi diantara sepasang anggota keluarga. Pernikahan sama merupakan jalinan kasih yang diberkati di mana sepasang kecenderungan jiwa bergabung.

Hal tersebut dibahas pada surah An-Nisa ayat 1. Surah ini tertulis sebagai berikut:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱتَّقُوا۟ رَبَّكُمُ ٱلَّذِى خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَٰحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَآءً ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ٱلَّذِى تَسَآءَلُونَ بِهِۦ وَٱلْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Yā ayyuhan-nāsuttaqụ rabbakumullażī khalaqakum min nafsiw wāḥidatiw wa khalaqa min-hā zaujahā wa baṡṡa min-humā rijālang kaṡīraw wa nisā`ā, wattaqullāhallażī tasā`alụna bihī wal-ar-ḥām, innallāha kāna ‘alaikum raqībā

Artinya:

“Hai sekalian individu, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu berasal dari seorang pribadi, juga berasal dari padanya Allah menciptakan istrinya; juga berasal dari pada setiap Allah mengembangbiakkan pria juga wanita yang beberapa. Dan bertakwalah kepada Allah yang bersama (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu setiap bit sebagai satu lagi, juga (peliharalah) koneksi silaturahmi. Sesungguhnya Allah secara teratur menjaga juga menjaga kamu.”

3. An-Nahl ayat 72

5 Ayat Al-Qur'an tentang Pernikahan, Ikatan Cinta yang SuciDwi Handayani Syah Putri (instagram.com/dwihandaanda)

Ayat Al-Qur’an yang mengangkat subjek hubungan yang 3 ada pada surah An-Nahl ayat 72. Hal yang bisa dengan mudah kamu pelajari berasal dari ayat ini adalah bahwa Allah SWT sesungguhnya telah menciptakan individu secara berpasang-pasangan.

Lihat lebih banyak:  9 Alasan Kenapa Cowok Jawa Harus Nikahi Cewek Sunda

Nantinya, koneksi hubungan yang dibina timbal-balik ini, kemungkinan besar sama pasti akan membawa keturunan yang pasti akan mengantarkan rezeki juga anugerah yang lengkap berkah di berat anggota keluarga. Adapun ayat tersebut berbunyi sebagai berikut:

Lanjutkan analisis posting dibawah

Editor’s picks

وَٱللَّهُ جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا وَجَعَلَ لَكُم مِّنْ أَزْوَٰجِكُم بَنِينَ وَحَفَدَةً وَرَزَقَكُم مِّنَ ٱلطَّيِّبَٰتِ ۚ أَفَبِٱلْبَٰطِلِ يُؤْمِنُونَ وَبِنِعْمَتِ ٱللَّهِ هُمْ يَكْفُرُونَ

Wallāhu ja’ala lakum min anfusikum azwājaw wa ja’ala lakum min azwājikum banīna wa ḥafadataw wa razaqakum minaṭ-ṭayyibāt, a fa bil-bāṭili yu`minụna wa bini’matillāhi hum yakfurụn

Artinya:

“Allah menjadikan bagi kamu istri-istri berasal dari jenis kamu dengan dirinya sendiri juga menjadikan bagimu berasal dari istri-istri kamu miliknya sendiri, anak-anak juga cucu-cucu, juga memberimu rezeki berasal dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka semua beriman kepada yang batil juga mengingkari nikmat Allah?”

Baca Juga: Ini 7 Tips Mencari Jodoh yang Baik Menurut Islam, Perlu Dicoba

4. Ar-Rum ayat 21

5 Ayat Al-Qur'an tentang Pernikahan, Ikatan Cinta yang SuciCitra Kirana (@imagenic via instagram.com/citraciki)

Ar-Rum ayat ke-21 membahas tentang ukuran kuasa Allah SWT. Hal ini ditunjukkan bersama berkah hubungan berupa limpahan sensasi gairah juga sensasi tenteram diantara ke-2 set. Potongan ayat yang menawan ini tertulis sebagai berikut:

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Wa min āyātihī an khalaqa lakum min anfusikum azwājal litaskunū ilaihā wa ja’ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yatafakkarụn

Artinya:

“Dan satu dari tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri berasal dari jenismu dengan dirinya sendiri, supaya kamu biasanya cenderung juga merasa tenteram kepadanya, juga dijadikan-Nya di antaramu sensasi kasih juga madu alami. Sesungguhnya pada yang demikian miliknya sendiri pastinya terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.”

5. An-Nur ayat 32

(*5*)Ayu Indriati (instagram.com/ayuindriati)

Yang kedua, ada An-Nur ayat 32. Makna bagian surah ini adalah limpahan karunia Sang Pencipta berat planet hubungan. Bagaimana menikah dengan dengan demikian tidak pantas satu inisiatif untuk memperdalam ilmu iman serta menghindari individu berasal dari perbuatan keji seperti zina.

Lihat lebih banyak:  Jangan Terbuai, 5 Kalimat Romantis Ini Kadang Bermakna Negatif, lho!

Selain miliknya sendiri, Allah SWT pasti akan memberikan berkah atau bahkan rezeki kepada mereka semua yang apalagi membayar untuk atau bahkan berada di seri kesulitan jika mereka semua memaknai kebesaran Allah SWT. Potongan ayat tersebut berbunyi sebagai berikut:

وَأَنكِحُوا۟ ٱلْأَيَٰمَىٰ مِنكُمْ وَٱلصَّٰلِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَآئِكُمْ ۚ إِن يَكُونُوا۟ فُقَرَآءَ يُغْنِهِمُ ٱللَّهُ مِن فَضْلِهِۦ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Wa angkiḥul-ayāmā mingkum waṣ-ṣāliḥīna min ‘ibādikum wa imā`ikum, iy yakụnụ fuqarā`a yugnihimullāhu min faḍlih, wallāhu wāsi’un ‘alīm

Artinya:

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian satu dari kamu, juga orang-orang yang bagus (berkawin) berasal dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki juga hamba-hamba sahayamu yang wanita. Jika mereka semua tidak memuaskan, Allah pasti akan memampukan mereka semua bersama kurnia-Nya. Dan Allah Maha penting (pemberian-Nya) ekstra Maha Mengetahui.”

Itu dia 5 ayat Al-Qur’an tentang hubungan yang bisa dengan mudah dipelajari timbal-balik set agar kehidupan hubungan kalian jalan-jalan secara bertahap berkah. Semoga bermanfaat, memang!

Baca Juga: Dear Jomblo, Ini 6 Hadis tentang Jodoh yang Perlu Kamu Ketahui


Anda sederhana menonton: 5 Ayat Al-Qur’an tentang Pernikahan, Ikatan Cinta yang Suci

Sumber: https://cnnndonesia.com

Kategori: relasyon

Leave a Reply